NILAI-NILAI PEMBANGUNAN KARAKTER PEMUDA : STUDI KEGIATAN BARATA PRAMUKA SLEMAN TAHUN 2015-2023

Penulis

  • Dias Oktri Raka Setiadi Universitas Gadjah Mada
  • Ria Trisnawati Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

pemuda, pembangunan karakter, BARATA Sleman

Abstrak

Generasi Z merupakan aset penggerak Indonesia Emas tahun 2045, jumlahnya di Kabupaten Sleman pada 2023 sebesar 14,77%. Akan tetapi, generasi ini menghadapi ancaman berupa terdegradasinya ketahanan moral budaya, identitas nasional, dan jati diri bangsa sehingga perlu upaya pembangunan karakter untuk mengatasinya. Upaya tersebut, salah satunya melalui kegiatan BARATA Sleman. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui postur ranah pengembangan diri (spiritual, emosi, sosial, intelektual, dan fisik) dan mengidentifikasi nilai-nilai pembangunan karakter pemuda (olah hati, olah pikir, olah raga, dan olah rasa) dalam kegiatan BARATA Sleman Tahun 2015-2023. Metode penelitian kombinasi model sequential explanatory bersumber dari triangulasi data studi literatur, wawancara mendalam, dan observasi. Statistik deskriptif untuk mengetahui postur ranah pengembangan diri dan pengelompokkan kualitatif untuk identifikasi nilai-nilai pembangunan karakter pemuda. BARATA Sleman telah diselenggarakan sebanyak 38 kali dengan tujuan, metode, sifat, dan bentuk penyelenggaraan dinamis. Postur ranah pengembangan diri dalam kegiatan ini terbagi dalam giat wajib dan giat pilihan. Giat wajib memberikan porsi yang besar dalam aspek sosial, pengendalian emosi, dan penguatan fisik. Sedangkan giat pilihan menunjukkan kemampuan intelektual cukup tinggi diasah terutama dalam giat prestasi. Penerapan nilai-nilai pembangunan karakter diwujudkan melalui beragam jenis kegiatan. Giat berkemah dan giat persaudaraan dominan dalam mengolah hati, giat pengetahuan dan giat prestasi dominan dalam mengolah pikir, giat perjalanan dominan mengolah raga, dan giat bakti dan giat umum dominan untuk mengolah rasa. Penyelenggaraan BARATA Sleman merupakan upaya pembangunan manusia melalui pembentukan karakter pemuda di Kabupaten Sleman bebasis pada perwujudan konsep pilar utama pembelajaran sepanjang hayat.

Referensi

Alif, D. A. N., 2024. Wawancara Sejarah Barata Sleman [Wawancara] (1 Juli 2024).

BPS Sleman, 2024. Kabupaten Sleman dalam Angka 2024, Sleman: BPS Sleman.

Bencsik, A. & Machova, R., 2016. Knowledge Sharing Problems from the Viewpoint of Intergeneration Management. Saint Petersburg, 4th International Conferenceon Management, Leadership, and Governance (ICML) 2016.

Delors, J. & dkk, 1996. Learning: The Treasure Within. Report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-first Century, Paris: UNESCO Publishing.

Fadilah, M. R. & Hartini, S., 2023. Upaya Penanggulangan Kejahatan Jalanan Klitih oleh Kepolisian Resor Sleman. Jurnal Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 12(1), pp. 38-54.

Gerakan Pramuka Kwarcab Sleman, 2023. Selayang Pandang Punglor Penegak Pandega Sleman. Sleman: Kwarcab Sleman.

Krishnan, S. R. G. & Sethuramalingam, V., 2017. Who Are Youth? - The Search for A Comprehensive Definition. Research Direstions, 5(3), pp. 1-5.

Kupperschmidt, B., 2000. Multigeneration Employees: Strategies for Effective Management. The Health Care Manager, 19(1), pp. 65-76.

Kwarnas Gerakan Pramuka, 2013. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 176 Tahun 2013 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega. Jakarta: Kwarnas Gerakan Pramuka.

Lickona, T., 1991. Educating for Character How Our School Can Teach Respect and Responsibility.. New York: Bantam Books.

Margunaji, A., 2024. Kontribusi Pendidikan Kepramukaan dalam Memperkuat Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan. Jurnal Kependidikan Vol. 13, pp. 2473-2490.

Padmadi, R., 2022. Wawancara Sejarah BARATA Sleman [Wawancara] (28 Desember 2022).

Pamungkas, B., 2022. Wawancara Sejarah Barata Sleman [Wawancara] (28 Desember 2022).

Pemerintah Republik Indonesia, 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta: -.

Pitayanti, A.L., 2024. Wawancara Sejarah Barata Sleman [Wawancara] (1 Juli 2024).

Putra, Y. S., 2016. Theoretical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(18), pp. 123-134.

Rusdiyani, E., 2016. Pembentukan Karakter dan Moralitas bagi Generasi Muda yang Berpedoman pada Nilai-nilai Pancasila serta Kearifan Lokal. Surakarta, Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan UMS.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutopo, O. R., 2014. Perspektif Generasi dalam Kajian Kepemudaan. Dalam: M. N. Azca, D. Widhyharto & O. R. Sutopo, penyunt. Buku Panduan Studi Kepemudaan: Teori Metodologi dan Isu-Isu Kontemporer. Yogyakarta: Youth Studies Centre Universitas Gadjah Mada, pp. 27-40.

Tawil, S. & Cougoureux, M., 2013. Revisiting Learning: The Treasure Within, Assessing the Influence of the 1996 Delors Report. Occasional Papers, pp. 1-10.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Setiadi, D. O. R. dan Trisnawati, R. (2024) “NILAI-NILAI PEMBANGUNAN KARAKTER PEMUDA : STUDI KEGIATAN BARATA PRAMUKA SLEMAN TAHUN 2015-2023”, jurnal pangripta sembada, 1(1), hlm. 12–23. Tersedia pada: https://journal.slemankab.go.id/index.php/jps/article/view/16 (Diakses: 27 Desember 2024).

Terbitan

Bagian

Artikel